CIWIDEY, SUAR MAHASISWA AWARDS — Ciwidey dikenal dengan tempat wisata dan pemandangan alamnya yang asri, banyak sekali yang ingin melihat keindahannya secara langsung terutama orang-orang yang tinggal di perkotaan meraka menjadikan Ciwidey sebagai destinasi untuk berlibur.
Kondisi ini dimanfaatkan oleh warga lokal untuk membuka peluang usaha UMKM, Seperti kak Tria Irania Hanum sebagai gen z yang hoby nongkrong dan ngopi munculah ide untuk membuka usaha kedai dan kopi bersama kakaknya.
Usahanya di mulai pada bulan Maret 2025 Sebagai pelaku usaha UMKM baru pasti banyak kesulitan yang beliau hadapi terutama untuk mengenalkan usaha yang sedang di rintis kepada masyarakat.
Maka dari itu beliau menciptakan tempat usaha yang lebih proper dan tema yang lebih maju untuk menjadi ciri khas agar mudah di ingat oleh pelanggan harga makanan dan kopi pun cukup ramah di kantong di tambah lagi ada fasilitas untuk karoke.
Metode promosi yang digunakan yaitu dari mulut ke mulu melalui orang -orang terdekat memanfaatkan media sosial sebagai alat utama agar dapat menarik perhatian masyarakat terutama wisatawan, walaupun hasilnya belum signifikat tapi pelanggan baru mulai terus berdatangan beliau akan terus ngembangkan usaha UMKM nya agar dapat lebih maju.
Pesan untuk para pelaku usaha UMKM: Manfaatkan media sosial dalam mempromosikan usaha yang sedang dijalankan karna dapat menjadi jembatan untuk usaha yang lebih maju.
Penulis:
Khoirunnisa Isnani Falah